Media Komunikasi Tabanan yang “SERASI”

Spanduk dan baliho adalah media yang umum digunakan sebagai penyampai informasi bagi khalayak banyak. Media ini biasa dijumpai di sepanjang jalan maupun pusat-pusat keramaian. Tak sekedar digunakan oleh pelaku bisnis untuk memperkenalkan produknya, spanduk dan baliho juga banyak digunakan oleh penyelenggara kegiatan, lembaga pendidikan, kelompok masyarakat, organisasi massa, partai politik, lembaga pemerintahan dan lain-lain.

Termasuk di Tabanan, dengan sangat mudah spanduk dan baliho dijumpai di setiap sudut kota. Meskipun jaman telah dikatakan serba online, pemerintah pun hingga kini tetap menjadikan spanduk dan baliho sebagai pilihan komunikasi dengan berbagai bentuk pengembangannya.

Spanduk dan baliho oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan sebagian besar adalah berupa himbauan, sosialisasi program ataupun ucapan selamat hari raya. Dengan mudah dan dalam tempo waktu yang singkat produk pemerintah ini dapat dikenali. Jika tidak dari logo Pemkab Tabanan yang ada di dalamnya, spanduk dan baliho tersebut mudah dikenal dari desainnya yang berisikan gambar tokoh-tokoh pemerintah Tabanan. Ukurannya pun tergolong lebih besar dibandingkan yang lain dan berposisi di tempat strategis.

Entah strategi komunikasi politik ataukah sekedar trend, tekhnik ini pastinya telah berhasil membawa pemimpin Tabanan semakin dekat dengan masyarakatnya. Betapa tidak, dengan sangat mudah masyarakat mengenali pimpinannya melalui gambar-gambar yang terpampang di sepanjang jalan dan pusat keramaian tersebut.

Tidak hanya satu atau dua, dalam waktu yang bersamaan, setidaknya lebih dari lima baliho besar terpampang dengan desain yang berbeda dapat dijumpai  di sekitaran kota saja. Bahkan, saking besarnya daya tarik seorang pemimpin ini pun menjadikannya sebagai ikon promosi layaknya seorang model pada baliho yang bukan milik pemerintah. Karena, yang diperhatikan terkadang bukan pesan yang disampaikan namun ada gambar siapa dan bagaimana desainnya! 

Disadari maupun tidak, bila disandingkan dengan yang lainnya, spanduk dan baliho pemerintah turut serta menghiasi pemandangan jalanan di kota Tabanan. Harapan banyak pihak sudah tentu ini benar-benar efektif mewujudkan cita-cita Tabanan yang SERASI. Tidak sebaliknya mengganggu pemandangan dan lingkungan karena bahan pembuatnya yang berbahaya bagi lingkungan.

(photo: widayanti arioka & widya ratha)