Pusat Penyelamatan Satwa Tabanan

Minggu, 8 April 2012 saya berkunjung ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Bali. Letaknya hanya 10 menit dari rumah saya, tepatnya di Jl. Teratai No. 49A, Banjar Dukuh, Dauh Peken, Tabanan. Walau dekat rumah, ini adalah kali pertama saya berkunjung ke PPS setelah 13 tahun menetap di Tabanan.

 

Kedatangan saya ke PPS Bali ini awalnya bertujuan untuk menyerahkan ular Phyton Reticulatus yang ditemukan teman saya Jaya Ratha di Petitenget, Badung. Phyton dengan panjang lebih dari 2 meter tersebut ditemukan terjerat jaring yg terdapat di sungai di daerah Petitenget pada hari Sabtu, 7 April 2012. Jadilah saya, Wahya Biantara dan Dony Wismayana turut serta dengan Jaya menuju PPS Bali untuk menyerahkan ular tersebut.

Memasuki halaman PPS Bali terkesan biasa saja. Ada sebuah bangunan yg terlihat seperti kantor. Tapi begitu berjalan ke halaman belakangnya saya langsung takjub. Ternyata ada penangkaran hewan di Tabanan. Hewan yang menjadi penghuni di PPS Bali diantaranya 3 ekor Beruk, seekor Elang, Burung Kasuari, Siamang, dan seekor Kakaktua yang cacat kakinya, beberapa ekor burung pelatuk dan tentunya tambahan seekor ular piton juga.

Hewan di PPS Bali ini umumnya berasal dari hasil penyitaan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) atau serahan masyarakat yang akan dilepasliarkan kembali ke alam. Salah satu lokasi pelepasliarannya adalah hutan di sekitaran daerah Batukaru. Beberapa lainnya ada juga yang harus dikirimkan ke luar Bali atau bahkan karena alasan tertentu akan tinggal di PPS Bali sepanjang hayatnya (salah satunya adalah Kakaktua yang cacat kakinya). Ular Phyton yang kami bawa rencananya akan dilepaskan minggu depan di daerah Batukaru berbarengan dengan pelepasan burung Pelatuk ke lokasi yang sama.

Demikianlah sekelumit cerita yang bisa saya bagi mengenai kunjungan saya ke PPS Bali. Pusat Penyelamatan Satwa Bali ini bisa dikunjungi masyarakat umum setiap Sabtu dan Minggu, pukul 10.00 – 12.00 dan 15.00 – 17.00 WITA. Bisa jadi alternatif berwisata di Tabanan 🙂
*berikut saya tampilkan beberapa gambar yang saya ambil di lokasi PPS Bali