Made Talop: Pajegan Moderen

Pajegan atau Gebogan adalah sarana umat Hindu untuk mengaturkan sembah kepada Tuhan, sebagai bentuk rasa syukur telah diberikan kehidupan dan rejeki yang cukup bagi tiap umat. Isi dari pajegan tersebut biasanya berupa buah-buahan yang berasal dari hasil alam didaerah sekitar, atau hasil dari kebun sendiri. Jika isi gebogan itu roti, roti tersebut pun biasanya bahan bakunya berasal dari alam.

Namun pada saat ini, siring dengan kebiasaan masyarakat yang ingin segala sesuatunya instant, maka isi dari pajegan itupun berubah. Tidak lagi berupa hasil alam yang dipakai, melainkan apa yang mereka dapat beli secara cepat di warung atau supermaket. Buah-buahan misalnya. Kebanyakan buah yang dipakai untuk mengisi pajegan tersebut adalah buah impor. Bahkan ada yang mengisinya dengan minuman berenergi yang mereka beli dari supermarket.

Pada hakekatnya, jika setiap umat mau menggunakan hasil alam lokal untuk mengisi pajegan ini, maka bisa dirasakan dampak dari perputaran ekonomi masyarakat sekitar yang luar biasa.

Ilustrasi oleh: Jaya Negara