Masyarakat Peduli Pelayanan Publik

Sebagian dari kita mungkin belum mengerti apa sebenarnya pelayanan publik. Video berikut adalah sebuah ilustrasi yang menarik bagi  kita yang ingin mengerti lebih jelas mengenai konsep pelayanan publik di negeri ini.

Sangat mengejutkan memang, dari 183 negara di dunia, Indonesia saat ini berada pada posisi ke 129 dalam pelayanan publik. Begitu burukah pelayanan publik di Indonesia hingga berada jauh dibawah India dan Vietnam?

Jika sudah menonton video diatas, maka akan sedikit terbuka pengetahuan kita mengenai pelayanan publik. Memberikan pelayanan publik yang baik adalah kewajiban pemerintah. Hal ini dikarenakan oleh rakyat yang telah mempercayakan seluruh pengelolaan kekayaan negara kepada pemerintah.

Mulai dari pelayanan publik di rumah sakit, sekolah, transportasi, pajak, taman kota dan lain sebagainya. Masih banyak pejabat kita yang menganggap atau dianggap sebagai penguasa dimana mereka harus dilayani. Pada video ini lebih jelas lagi dideskripsikan bahwa pemerintah harusnya melayani rakyat, karena rakyat telah memberikan kepercayaan untuk mengelola sumber daya tersebut dan telah tertulis dalam undang – undang dasar.

Dijelaskan pula dalam video bahwa ada tiga hal yang menyebabkan pelayanan publik di Indonesia yang buruk:

  1. Tidak adanya standar pelayanan publik
  2. Tidak adanya standar pengaduan
  3. Tidak adanya mekanisme penyelesaian sengketa

Untuk memperkuat gerakan perubahan pelayanan publik di Indonesia, maka dibuatlah simpul – simpul diberbagai daerah, salah satunya di Bali

Di Bali, Sloka Institute ikut bergabung menjadi simpul Masyarakat Peduli Pelayanan Publik yang disingkat MP3. “Lembaga atau individu juga bisa ikut bergabung pada gerakan MP3 ini,” jelas Agus Suberdana yang sempat mengikuti diskusi tentang MP3 ini di Jakarta.

MP3 bertujuan mewujudkan terpenuhinya hak-hak dan kebutuhan dasar melalui pelayanan publik yang dilakukan pemerintah dan sektor swasta. Tujuan lain adalah mendorong munculnya kebijakan pelayanan publik yang menghormati, melindungi, dan memenuhi hak-hak dasar baik di tingkat nasional maupun daerah. MP3 terdiri dari berbagai unsur masyarakat seperti LSM, Ormas, Individu, Akademisi, dan lain-lain.

Sudahkan Anda merasa pelayanan publik di daerah kita maksimal?