Potensi Kreativitas Tabanan yang Luar Biasa

Angin bertiup sedikit kencang dari biasanya. Udara terasa sangat dingin dan langit mendung diatas kepala saya. Rasa khawatir akan turun hujan tak henti – hentinya saya pikirkan sore hari itu tanggal 14 Juli 2012.

Berlokasi di Taman Kota Tabanan, hari itu kami berkumpul untuk saling berbagi dan menunjukan kreativitas dalam sebuah acara yang kami beri nama “Tabanan Creative Fest”. Teman-teman seniman yang sebagian besar berasal dari kota Tabanan ikut memeriahkan acara ini.

Tabanan Creative Festival di Taman Kota

Berbagai potensi kreativitas yang mungkin jarang dilihat oleh masyarakat ada pada pagelaran tersebut. Mulai dari seni photography, kartun, ilustrasi, animasi dan masih banyak lagi karya – karya hebat seniman muda Tabanan lainnya.

Susunan panggung yang dihiasi oleh bunga gemitir hibrida oleh rekan kami Erwin, membuat suasana sedikit lebih hangat dengan balutan kain putih pada setiap meja disisi kiri dan kanan panggung. Masyarakat pun berdatangan tanpa henti untuk melihat karya – karya terbaik putra dan putri Tabanan sore itu.

Ada sekitar 30 seniman yang ikut bergabung dalam acara “Tabanan Creative Fest” pada hari itu. Potensi ini sungguh luar biasa, dan tidak pernah dilirik sebelumnya.

Canvas Kreativitas

Siapa sangka kalau salah satu kartun animasi buatan Jepang Doraemon, salah satu team yang terlibat dalam produksi berasal dari Tabanan. Gusti Putu Puryana namanya. Sebagian besar dari kita mungkin tak asing lagi mendengar majalah Bogbog bukan? Dan mungkin Anda tidak akan pernah tahu kalau salah satu pencetus majalah yang bertemakan kartun terserbut berasal dari Tabanan.

Putu Ebo, adalah salah satu kartunis yang berjasa atas kemajuan kartun di Bali, dan dia inilah salah satu pencetus majalah kartun Bogbog yang berasal dari Subamia.

Segudang prestasi yang dimiliki oleh seniman – seniman yang hadir di Taman Kota Tabanan malam itu rasanya tak kan habis ditulisakan dalam satu tulisan, bahkan satu buku sekalipun. Mereka adalah seniman muda dengan kreativitas tanpa batas, dan terus melakukan inovasi karya walupun belum mendapatkan senyuman manis dari pihak – pihak yang terkait di Tabanan.

Mudah – mudahan saja Tabanan Creative Festival kali ini saja akan menelorkan seniman – seniman baru yang kemudian bisa ikut berbagi ilmu dan menunjukan kreativitasnya pada agenda selanjutnya.