Lebih Mengenal UNACOB LM Dalam Berbagai Aktivitas

logoUnacob

Tabanan-Sejak dibentuknya UNACOB oleh Jik Djawir, gerak langkah  tampak mulai bergerak pasti. Sesuai dengan salah satu misinya yaitu mencari hubungan dengan lembaga-lembaga yang punya kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat untuk turut ambil bagian di dalamnya. Berkolaborasi dengan Lata Mahosadhi (LM) sebuah LSM yang juga sepaham dengan visi untuk mempersiapkan generasi muda Bali menghadapi tantangan masa depan, UNACOB semakin aktif melakukan berbagai aktivitas sosial, pendidikan, dan budaya.
Lata Mahosadhi yang didirikan oleh Ayu  Riagandi pada tahun 2010 yang lalu, telah memulai pembinaan terhadap generasi muda dengan keluhuran nilai budaya Bali dan memperkenalkan bahwa penerapan nilai-niali luhur itu membuat setiap orang mampu meraih kesuksesan kehidupan seperti apa yang telah mereka alami. Konsep Lata Mahosadhi adalah menerapkan Pendidikan berbasis pada Kesadaran (consciousness) karena itu mereka melakukan Transcendental Meditation sebagai suatu cara  untuk membantu pengembangan kesadaran dalam diri mereka.

Selain itu juga digagas sekolah cerdas yaitu membantu perkembangan siswa baik dari kepribadian maupun kecerdasan dengan metode alam tadi. Dan hal ini sudah dimulai di beberapa sekolah SD di desa Belumbang, Beraban dan Tangguntiti.
Dengan tumbuhnya kesadaran tersebut diharapkan nilai-nilai budaya yang terkikis dapat tumbuh kembali. Didorong oleh Prabhu Wirasa Pandya dengan merumuskan susunan pengetahuan mengenai kekuatan hokum alam dalam memenuhi keinginan manusia yang dikemas dalam PAST Programme – Personality and Successful Programme, pemuda diajak untuk menemukan kenyataan antara teori dan bukti nyata dari hasil penerapannya. Dan hal tersebut telah menghasilkan kemajuan bagi pesertanya yang telah mencapai 900 orang. “Dalam pembinaan Lata Mahosadhi, peserta mengalami kemajuan hidup yang sangat pesat,” kata Prabhu Wirasa Pandya.
[quote]“Dengan berbagai aktivitas yang telah kami lakukan dan terus akan bergulir, kami yakin UNACOB-LM akan menjadi embrio titik-titik penyebaran pertumbuhan ekonomi pedesaan”[/quote]
Pada agenda UNACOB LM pada tanggal 20 Januari 2013 yang lalu peserta diajak mengenal diri mereka dalam suatu camp di Sarin Buana. Tampak antusiasme peserta yang juga datang dari luar negeri, salah satunya adalah John.  “Cerita john sangat menarik, bahwa beberapa tahun yang lalu dia masih melihat keramahan dan senyum yang alami dari masyarakat Bali. Dan saat ini semuanya sulit sekali di temuinya. Dan baru menemukan keramahan itu kembali di peserta kemah sepanjang Tabanan menuju Sarin Buana. Dia hampir kehilangan harapan, kini di tengah2 camp tersebut dia temukan kembali,” tutur Prabhu Wirasa Pandya.

Warga asing pun antusias mengikuti UNACOB-LM camp
Warga asing pun antusias mengikuti UNACOB-LM camp

Dalam mensukseskan pembinaan generasi muda  ini UNACOB pun tidak mau setengah-setengah. Jik Djawir pun sudah berancang mengaktifkan kembali lembaga Indonesia New Zealand yang sempat terhenti. “Sekarang kita menyandang nama UNACOB-LM dan menggagas aktivitas-aktivitas positif diantaranya yang akan datang adalah Vedic Camp pada 14-17 Februari 2013 mendatang dan juga bersama entrepreneur class Lata Mahosadhi merintis beras organic Koriza,” jelas Jik Djawir.

“Dengan berbagai aktivitas yang telah kami lakukan dan terus akan bergulir, kami yakin UNACOB-LM akan menjadi embrio titik-titik penyebaran pertumbuhan ekonomi pedesaan”, tegas Jik Djawir mengakhiri percakapan.

 

Sekilas mengenai Vedic Camp
Vedic Camp berakar pada Veda, manuskrip dari keberadaan hukum alam seperti yang oleh Maharishi Mahesh Yogi sehingga dipakailah istilah Vedic. Dan dengan dekatnya terhadap alam dan hukum alam itu sendiri maka camp ini pun akan lebih membumi, mendekatkan diri dengan alam sekitarnya. Sambil berekreasi, bergembira di alam sambil mempelajari tentang alam itu sendiri seperti mengenal lebih dalam tentang subak, mengapa harus menjaga Tri Hita Karana, dan sebagainya. Semuanya dikemas dengan cara-cara yang sederhana dalam suasana yang gembira. Siapapun yang ingin mendapatkan pembelajaran dan ingin memahami lebih lanjut tentang Bali dan lingkungannya, dapat bergabung dalam Vedic Camp ini. Pendaftaran bisa menghubungi Rumah Kasih, Jalan Dharmawangsa No. 6A, Tabanan. Dengan mengambil tema “Bersama alam kita menikmati dan sekaligus belajar hukum alam”, diharapkan lebih banyak lagi tentang Bali dan lingkungannya yang dapat diselamatkan melalui generasi mudanya.