Pelepasan Lampion Terbang Mewarnai Pembukaan TCF#2

lampion-terbang-tcf

Hari mulai sedikit gelap dan langit mendung memberikan kesan kuat langit sore itu. Pembukaan Tabanan Creative Festival yang ke 2 segera akan dimulai. Para penari dari IKIP Saraswati Tabanan pertama kali menginjakan langkah – langkah kakinya di pangung dengan menyajikan tarian pembuka.

Seluruh mata kemudian berfokus kearah panggung yang dihiasi dengan lampu warna – warni yang berhiaskan bambu usang yang disusun sedemikian rupa. Acara yang semula akan dibuka oleh Bupati Tabanan, akhirnya dibuka oleh Ketut Suryadi ketua DPRD Tabanan yang diundang secara tidak resmi, karena Bupati pada saat itu berhalangan hadir.  Tabanan Creative Festival yang ke 2 ini kemudian dibuka dengan melepaskan lampion terbang.

Ada 10 lampion terbang yang dilepaskan petang itu. Untuk menghidupkan lampion terbang ini memang butuh sedikit waktu agar gas CO2 dari pembakaran karet pada lampion mengisi penuh lampion tersebut. Satu per satu lampion mulai terbang. Hembusan angin bergerak dari utara keseletan sehingga membawa lampion tersebut tinggi dan jauh ke arah laut.

Sempat dikagetkan juga dengn satu lampion yang belum sempurna terisi, dimana angin dibawah bertiup sedikit kencang sehingga lampion itu terombang – ambing naik turun. Lokasi taman kota yang berdekatan dengan gedung BRI membuat panitia sedikit siaga takut lampion itu akan terjatuh disana dengan kobaran api yang cukup besar. Namun untunglah angin kemudian kembali bertiup tenang dan sedikit demi sedikit lampion terangkat tinggi ke udaran dan menyusul teman – temannya yang lain menuju ke arah selatan. Prosesi pembukaan Tabanan Creative Festival #2 pun berjalan dengan baik.