Categorized | Kabar Anyar, Lingkungan

Pemulung Silahkan Masuk

Posted on 14 March 2014 by Made Nurbawa

Bank Sampah Cemara

Kini masyarakat sudah dimudahkan dengan layanan “pemulung panggilan” yang siap menjemput sampah plastik  ke rumah. Salah satunya adalah layanan penjemputan sampah oleh Bank Sampah Cemara, beralamat di  Banjar Pangkung Desa Delod Peken Tabanan.

Sebelum memanggil petugas, sebaiknya sampah plastik kita kumpulkan dan dipilah sesuai dengan jenisnya. Setelah dalam jumlah tertentu baru kita panggil atau telepun petugas untuk datang kerumah. Pengambilan sampah akan lebih mudah dan cepat kalau sampah plastik sudah kita tampung dalam kantong (kampil). Ketika petugas datang, sampah tinggal di timbang dan langsung dibayar. Masalah harga nggak jadi soal yang penting lingkungan rumah menjadi bersih dan kita ikut berpartisipasi dalam mendukung program lingkungan di Tabanan.

Uang penjualan sampah bisa kita terima langsung atau kita tabung di Bank Sampah Cemara. Setiap pelanggan akan mendapat buku tabungan. Kelak kalau tabungan sudah cukup banyak bisa kita ambil atau kita donasikan ke pihak Bank Sampah Cemara untuk mendukung program lingkungan lainnya.

Secara bertahap setiap warga harus mendukung program pemerintah tabanan dalam kegiatan kebersihan  lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Menurut aturan produsen sampah lah yang harus bertanggungjawab terhadap pengelolaan sampah hasil produksinya sendiri. Pemerintah hanya menangani di wilayah public saja. Atas dasar tersebutlah setiap produsen sampah dikenakan retribusi untuk memindahkan sampah. Jangan sampai dana APBD terkuras lumayan besar untuk urusan sampah yang kita hasilkan sendiri. “Saat ini program pengelolaan sampah swakelola sudah mulai dan terus digalakan oleh pemda Tabanan (DKP)”.

Kedepan, setiap rumah tangga terutama yang tinggal di kompleks perumahan sudah saatnya membuat program pengelolaan sampah swakelola. Minimal mulai dari mengumpulkan sampah plastic dan menjualnya secara serempak pada hari dan jam yang telah disepakati. Misalnya sebulan sekali. Model ini akan memudahkan petugas untuk melakukan penjemputan dan biaya operasional pun lebih efesien.

Model penjemputan sampah ini bisa jadi sebuah solusi dari banyak solusi dalam pengelolaan sampah perkotaan yang saat ini semakin pelik. Warga pun tidak harus repot dan cemas seperti dulu-ketika pengumuman “pemulung dilarang masuk” terpasang di depan gang atau tempat-tempat tertentu. Padahal pekerjaan pemulung sangat mulia.

Warga harus kreatif mengelola sampah dengan bekerjasama dengan pemulung. Beberapa tips yang bisa kita gunakan adalah : Pertama,  mengenali nama dan alamat pemulung. Hanya pemulung dengan identitas dan atribut yang jelas bisa masuk mengambil sampah ke rumah-rumah. Kedua, warga harus memberi arahan yang benar kepada pemulung dan membuat aturan main yang efektif. Misalnya jadwal penjemputan, jenis sampah, koordinator dan seterusnya. Koordinasikan hal ini kepada aparat desa atau ketua lingkungan. Jika hal  tersebut merepotkan, warga bisa bekerja sama dengan bank sampah terdekat atau bisa menghubungi petugas Bank Sampah Cemara. Artinya pemulung silahkan masuk!! Semoga berguna. (MN).

  • Putra Sedana

    Sudah saat nya masalah sampah bisa diatasi bersama,kesadaran untuk tdk membuang sampah sembarangan setidaknya dimulai di rmh sendiri..

Komentar Terakhir

Talov Mobile Site

QR Code - scan to visit our mobile site

Android Talov Apps