Pembudidayaan Si Cabe Merah

Oleh: Ni Putu Dharmaesti Gita Dewi

buah cabe
buah cabe

Meskipun di Banjar Pagi, Senganan, Penebel, Tabanan bukan satu-satunya penghasil cabe merah, tetapi masyarakatnya banyak yang bertani cabe merah. Hal ini di karenakan cabe merah sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah I Wayan Yastera. Beliau yang lebih akrab disapa Pak Gita itu sudah sejak 6 tahun yang lalu menekuni profesi sebagai petani. Suka duka menjadi petani adalah kalau harga lagi turun bisa mencapai Rp.500.000 perbulan, sedangkan kalau harga meningkat mencapai Rp.10.000,00. Selain menjadi petani beliau juga bekerja sebagai karyawan koperasi. “ saya menekuni pekerjaan sebagai petani karena ingin menambah penghasilan keluarga dan mencari pengalaman baru tentang bertani.

“Cabai merupakan satu dari 40 jenis lebih sayuran yang paling populer di Indonesia karena rasa pedasnya. Ada 4 jenis cabe,yaitu cabe besar, cabe keriting, cabe rawit, dan paprika,” ungkap Pak Gita.

Pembibitan cabe merah ini cukup susah. Pertama buatlah media semai dengan komposisi 20 liter air 10-15 genggam pupuk kandang, gunakan polybag sebagai wadah media, kemudian penyiraman dilakukan di pagi hari dan yang terakhir lakukan pemindahan bibit semai ketika keluar daun sejati 4 helai.

“Pemeliharaan tanaman cabe merah ini cukup sulit,” kata Pak Gita. Ada 4 cara untuk memelihara cabe agar tumbuh dan berkembang dengan bagus, yaitu; penyulaman, penyiangan, pemangkasan, dan pengikatan. Selain dengan cara itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya cabe merah yaitu iklim,tanah dan pupuk organik.

Luas lahannya sekitar 5 are ini semua ditanami cabe merah. Tapi disayangkan kalau hasil panennya sekarang mengalami kerugian karena harga cabe perkilogram Rp.5000, sedangkan dulu harga cabe bisa sampai Rp.40.000 perkilogram. Biasanya cabenya ini dijual kepada salah satu sodagar di Senganan, setiap 3 hari sekali. Pendapatannya selama sebulan bisa mencapai Rp.500.000.

Beliau juga berpesan kepada saya hal yang penting yang perlu diperhatikan sebelum membudidayakan cabe adalah penguasaan pengetahuan, ketrampilan, dan kedisiplinan berbudidaya.