Bersama Menggali Kemuliaan Air

Air Terjun Yeh Ho

Air adalah sumber pengetahuan dan hidup umat manusia. Bumi kita terdiri dari 70% air. Diberbagai belahan dunia pusat air dan aliran air terbukti tumbuh peradaban yang hingga kini masih mewariskan nilai kemuliaan dalam kehidupan.

Bagaimana dengan Tabanan? Wilayah Tabanan 82.67% diairi aliran air dari 74 sungai dari yang besar hingga yang kecil. Tabanan dengan curah hujannya yang tinggi selalu menyajikan indahnya Pelangi di pagi hari. Tabanan pun di periode tahun 70-80 an terkenal dengan sebutan “Kota Pelangi”. Sebutan yang kemudian menginspirasi tema besar TCF#3 yaitu: “Semarak Pelangi”.

Oleh karena itu, tayangan film tentang panji-panji kemuliaan air melalui ajang TCF#3 dimaksudkan sebagai trobosan kreatif untuk mengajak banyak orang agar mulai peduli dengan alam dan lingkunggannya. Terutama sumber daya air yang ada di Tabanan. Sumber daya air Tabanan seperti “bertutur” sekaligus mengungkap apa dan bagaimana seharusnya kita mengelola dan menghormati ciptaannya dalam beragam struktur sosial, politik, ekonomi, budaya dan lintas generasi.

Sudah saatnya sumber daya air di Tabanan yang berlimpah dapat kembali memberi kesejahteraan, bukan sebaliknya menimbulkan keresahan dan bencana. Melalui TCF#3 panitia mencoba menggemakan semangat itu tuk bersama membangun kesadaran. Mungkin saja selama ini kita mulai abai dengan spirit air, mulia abai dengan fungsi dan tanggungjawab kita terhadap air.

Tanpa air semua akan resah. “Kalau sudah resah, maka PELANGI pun tak indah lagi”. (*).