ICW Memperkenalkan Sekolah Anti Korupsi di Tabanan.

13 Juli 2019, Saya dan beberapa teman komunitas talov mendapat kesempatan untuk bertemu dengan teman – teman dari Indonesian Corruption Watch (ICW) untuk berdiskusi mengenai berbagai hal dan salah satunya adalah keinginan teman – teman ICW untuk membuat sekolah anti korupsi di Bali.

Awalnya, saya mendapatkan kabar dari sahabat Balebengong.id bahwa teman – teman dari ICW ingin ngobrol dengan beberapa anggota komunitas talov untuk berdiskusi. Kita pun akhirnya sepakat untuk diskusi di Kedai Kopi Kemiri yang berlokasi di jalan ir. Soekarno.

Kami bertemu sekitar pukul 2 siang. Rupanya, dalam beberapa hari ini teman – teman ICW sudah berkeliling ke beberapa tempat di Bali, dan pagi itu mereka baru saja datang dari Penebel dengan agenda yang sama, yaitu bertemu dengan beberapa komunitas.

Diskusi kami mulai dengan saling memperkenalkan diri masing – masing. Lalu berlanjut ke pokok diskusi yaitu sosialisasi program Sakti dari teman – teman ICW.

Sakti singkatan dari Sekolah Anti Korupsi, adalah sebuah program yang bertujuan untuk mendidik masyarakat untuk mencegah dan menghilangkan tindak pidana korupsi. Biasanya, program ini hanya dilakukan di Jakarta, sehingga dampak perubahan yang lebih banyak dirasakan hanyalah di Jakarta saja.

Namun kali ini ICW ingin merubah objetive-nya agar dampak tersebut dirasakan langsung di daerah, sehingga program Sakti ini kemudian langsung dibawa ke daerah dengan mendatangkan langsung pakar – pakarnya untuk mengajar.

Rencananya, program ini akan dilangsungkan dalam waktu 5 hari di bulan Agustus, yaitu tanggal 19 – 22 Agustus 2019. Ada berbagai materi yang akan dibahas di kelas tersebut, misalnya:

  • Analisis anggaran
  • Memahami dana desa
  • Pemantauan pengadaan barang dan jasa
  • Antikorupsi dan lain sebagainya.

Expert untuk masing – masing topik akan didatangkan langsung dari Jakarta, begitu juga expert lokal yang akan memberikan materinya. Di akhir kegiatan, kita juga akan berkesempatan untuk menjalankan program antikorupsi versi kita sendiri.

Kesempatan yang sangat langka menurut saya. Kegiatan ini hanya dibatasi untuk 25 peserta saja. Jadi jika ada teman – teman yang berminat, silahkan isi formulir pendaftaran berikut: http://icw.or.id/Form-SAKTI-2019

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 24 Juli 2019, dan akan dilakukan proses seleksi terlebih dahulu agar orang – orang yang datang benar – benar terpilih dan nantinya dapat memberikan dampak perubahan nyata di daerah.

Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap akan banyak kader antikorupsi yang dicetak di Tabanan. Kader yang tidak hanya sebatas wacana tetapi memiliki action langsung dalam mencegah korupsi di Tabanan.